BNPT Bakal Rangkul Mantan Teroris

oleh -58 views

 

Kabarsiana.com, JAKARTA – Antisipasi tindakan terorisme masih menjadi konsentrasi pemerintah dalam menjaga stabilitas Indonesia. Meski demikian, ternyata Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga masih memberdayakan para mantan teroris.

“Saya akan memaksimalkan menggunakan mantan teroris yang sudah sadar di masing masing provinsi sebagai narasumber,” kata Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius di Jakarta, Selasa (10/12).

Rencana pemberdayaan mantan teroris itu, lanjut Suhardi, berdasarkan hasil Survei Nasional BNPT 2019 tentang Internalisasi Kearifan Lokal dan Potensi Radikalisme di 32 Provinsi.  Selain itu, rencana pemberdayaan mantan teroris juga akan dibahas dalam Rapat Koordinasi BNPT malam ini di Ancol, Jakarta Utara.

 

“Mantan teroris yang sudah sadar, akan diminta menyampaikan penjelasan kepada masyarakat. Terutama, anak-anak muda yang selama ini menjadi sasaran empuk penyebaran paham radikalisme,” ujar dia.

Walaupun, selama ini penangkapan terduga teroris dilakukan dengan baku tembak dalam penangkapan, Suhardi  punya pandangan tersendiri bagi para teroris yang sudah dianggap bersih dari dugaan teroris.

“Para mantan teroris itu lebih efektif dalam menyampaikan langkah pencegahan dan penanggulangan terorisme, karena mereka punya pengalaman berharga yang bia diceritakan,” ungkap dia.

Baca Juga :   Rp 24,3 Triliun Dianggarkan untuk Pembangunan Perbatasan

Menurut dia, para mantan teroris dapat memberikan penjelasan terkait berbagai ayat Kitab Suci Alquran. Masyarakat juga akan dilibatkan BNPT dalam upaya penanggulangan terorisme, termasuk Duta Damai Milenial.

“Kan, lebih bermanfaat (mantan teroris bicara, red), ketimbang kita yang belum punya pengalaman di situ,” katanya. (*/rri)