Angkutan Mudik Gratis KM Sabuk Nusantara 72 Diberangkatkan Menuju Tanimbar

oleh -38 views

Kabarsiana.com, AMBON –  KM Sabuk Nusantara 72 angkutan mudik gratis Natal dan Tahun Baru Pemprov Maluku yang membawa 474 penumpang,  Senin (16/12/2019) diberangkatkan dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno didampingi Plt Sekda Maluku Kasrul Selang melepas keberangkatan KM Sabuk Nusantara 72 sekaligus meresmikan Posko Terpadu Mudik Natal.

Barnabas mengingatkan kepada segenap otoritas pelabuhan untuk menghilangkan praktek percaloan dan tidak menelantarkan penumpang selama arus mudik Natal.

“Di pelabuhan harus kita hilangkan stigma percaloan. Bagaimanapun masyarakat harus merasa nyaman dan aman berada di pelabuhan,” tegas Wagub

Mantan Bupati Maluku Barat Daya ini pun berharap, instansi yang bertugas dalam pelayanan mudik Natal, dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa kapal laut.

“Bekerja harus dengan sungguh-sungguh melayani masyarakat. Karena dengan itu semua kita akan diberi kemudahan,” pintanya

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frans Papilaya menjelaskan, Pemprov Maluku menyiapkan armada angkutan Natal dan Tahun baru sebanyak 7 unit kapal perintis, 5 kapal penyebrangan dan 2 kapal cepat.

Baca Juga :   Seleksi Calon Deputi Penindakan KPK Sisakan 3 Jenderal Polisi

Kapal-kapal tersebut akan mengangkut 8.066 penumpang sesuai jumlah tiket gratis yang disiapkan. Angkutan mudik gratis dimulai 16-23 Desember dengan melayari rute Maluku Tengah, Buru Selatan, Tual, Maluku Tenggara, Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya.

“Jadi selain Pemprov Maluku ada Jasa Raharja juga yang akan melaksanakan mudik gratis ke Maluku Tengah dan Buru Selatan,” terangnya

Frans memprediksi lonjakan penumpang arus mudik Natal akan terjadi di H-3. Sedangkan arus balik mulai H+3 Tahun Baru. (*/rri)