Aktivis HAM Serukan Dunia Boikot Myanmar

oleh -47 views

Kabarsiana.com, DEN HAAG — Aktivis hak asasi manusia (HAM) yang tergabung dalam kelompok the Free Rohingya Coalition (FRC) menyerukan boikot global terhadap Myanmar. Seruan itu digelorakan saat Myanmar akan menghadapi persidangan perdana dugaan tindakan genosida di Pengadilan Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda.

FRC menyatakan telah memulai Kampanye Boikot Myanmar dengan 30 organisasi di 10 negara. Mereka menyerukan perusahaan, investor asing, serta organisasi profesional maupun budaya untuk memutuskan hubungan kelembagaan dengan Myanmar.

“Boikot bertujuan membawa tekanan ekonomi, budaya, diplomatik, dan politik pada pemerintahan kaolisi Myanmar Aung San Suu Kyi dan militer,” kata FRC dalam pernyataan pada Senin (9/12).

Aung San Suu Kyi dilaporkan telah tiba di Den Haag pada Ahad (8/12). Dia memimpin delegasi Myanmar untuk menghadapi persidangan ICJ yang dijadwalkan digelar pada 10-12 Desember. Dia membela negaranya dari tudingan genosida.

Gambia, mengatasnamakan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), menjadi pihak yang membawa kasus dugaan genosida terhadap etnis Rohingya ke ICJ. Gugatan diajukan pada awal November lalu. (*/rol)

Baca Juga :   Seekor Tikus Dapat Medali Emas Usai Deteksi 39 Ranjau di Area Seluas 20 Lapangan Bola