Akhir Tahun 2018, Kementerian Perhubungan Hanya Realisasikan 10 Unit Armada Baru Untuk Bus Trans Batam

oleh -55 views

BATAM, (BM) — Batam akan mendapat tambahan sepuluh unit armada bus dari Kementerian Perhubungan. Bus Trans Batam tambahan ini dijadwalkan sampai pada November mendatang.

“Operasionalnya rencana di Januari 2019 nanti,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi, kemarin.

Rustam mengatakan tahun ini Dinas Perhubungan kota Batam mengajukan penambahan 30 unit bus. Namun yang disetujui sebanyak 10 unit.

Menurutnya, saat ini Dinas Perhubungan sudah memiliki 72 armada bus. Dengan tambahan bus Trans Batam ini diharapkan mampu mengakomodir rute-rute yang dilalui Trans Batam.

“Beberapa armada kita juga ada yang sudah harus diremajakan. Seperti di hinterland, sudah ada beberapa yang harusnya diganti. Dan kalau ini (bus baru) sudah ada, kita rencana mau buat satu atau dua di sana,” ujarnya.

Dijelaskan Rustam, Bus Trans Batam saat ini melayani beberapa rute.
Diantaranya Nongsa- Jodoh, Nongsa- Telaga Punggur, Tembesi- Pulau Galang, Sekupang-Batamcentre.

Selain itu juga melayani Tanjunguncang-Batamcentre, Sekupang-Jodoh, Sagulung-Sekupang, Jodoh-Batamcentre, Tanjung Piayu-Batamcentre, Nongsa-Batamcentre dan Telaga Punggur- Jodoh.

Baca Juga :   Densus 88 Tangkap 4 Orang Terduga Teroris di Muna, Sulawesi Tenggara

“Rute yang kita buka ini berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari masyarakat. Tahun lalu kita buka yang Nongsa-Punggur,” jelasnya.

Ia berharap dengan bertambahnya layanan Trans Batam, semakin banyak warga yang memanfaatkan transportasi umum. Sehingga sedikit banyak akan mengurangi kemacetan di Kota Batam.

“Dinas Perhubungan tahun ini menargetkan 20 ribu penumpang Trans Batam,” pungkasnya. (*/r)

Editor : Indra Helmi
Sumber : Media Center