Akan Dilaunching, Cantigi Institute Undang Anak Muda Ranah Minang, Berminat?

oleh -43 views

PADANG (BM)– Awal November 2018 mendatang, Cantigi Institute akan diluncurkan secara resmi di Kota Padang. Wadah yang akan menginventarisir dan mengupas berbagai isu strategis dan perkembangan terkini di tanah air itu, siap ambil bagian dalam mendorong kemajuan daerah dan bangsa.

Founder Cantigi Institute, Yusri Latif, S.HI mengatakan, salah satu alasan dibentuknya lembaga tersebut antara lain untuk melakukan kajian dan pembahasan bersama terhadap beragam isu strategis yang berkembang di tanah air, khususnya di Ranah Minang.

“Dibutuhkan sebuah lembaga khusus untuk mendiskusikan secara mendalam soal masalah yang tengah dihadapi bangsa, terutama di Sumatera Barat dan Kota Padang khususnya. Harapannya, kita bisa terus membangun demokrasi yang semakin mapan dan beradab,” kata Latif pada agenda persiapan launching Cantigi Institute di salah satu kafe di kawasan Pasar Baru, Pauh Kota Padang, Rabu (17/10) malam.

Yusri Latif, S.HI

“Kita menginginkan perekonomian semakin tumbuh, sehingga masyarakat semakin sejahtera. Di Kota Padang, banyak sekali potensi-potensi yang bisa kita garap untuk menuju ke arah itu. Insha Allah, kita siap dengan personil yang nantinya akan melakukan inventarisasi dan bersama-sama mencarikan solusi,” kata Latif.

Cantigi Institute terang pengusaha muda yang bergerak di bidang pariwisata ini, adalah sebuah wadah yang disiapkan bagi masyarakat untuk menerjemahkan berbagai ide dan gagasan-gagasan positif dalam wujud dan kontribusi nyata untuk membangun daerah, demi kemajuan bangsa.

“Selain akan menjadi ruang apresiasi terhadap berbagai kreatifitas kaum muda dan masyarakat pada umumnya, kehadiran Cantigi Institute juga diharapkan akan menjadi solusi dari berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat,” terang Latif.

Direktur Cantigi Institute, Edo Prasetyo Pratama, SE menambahkan, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Kota Padang, untuk ikut berkontribusi aktif menuangkan gagasan dan juga terlibat dalam aksi-aksi nyata di lapangan. Bahkan secara lebih khusus, dia mengundang kaum muda untuk ikut ambil bagian dalam perjuangan Cantigi Institute ke depan. Tidak hanya di Kota Padang, namun juga teruntuk bagi anak-anak muda di daerah lainnya di Sumatera Barat.

Baca Juga :   Bareskrim Tangkap Mandor Kapal Ikan China Penganiaya ABK WNI hingga Tewas

“Karena anak muda adalah masa depan bangsa ini. Nasib Indonesia, ada di tangan generasi muda. Apalagi kompetisi abad 21 ini semakin ketat. Yang sangat diperlukan saat ini adalah sinergi dan kolaborasi antar anak bangsa,” tandas Edo.

Aktifis muda perempuan Kota Padang yang juga turut memprakarsai lahirnya Cantigi Institute, Lili Astuti menambahkan, komitmen bersama untuk berpartisipasi aktif dalam membangun bangsa, merupakan salah satu semangat yang mendasari lahirnya lembaga tersebut.

“Banyak hal yang harus dibersamakan dalam wujud kontribusi nyata membangun bangsa ini. Selain anak muda, seluruh elemen bangsa juga harus ikut andil. Kita ingin memajukan masyarakat dan bangsa ini dari segala latar, warna dan fokus pengabdian yang berbeda-beda,” ujar Lili. (*)

Editor: Ryan Syair