5 Penghargaan Paling Prestisius di Jagad Sepakbola

oleh -7 views

BANYAK orang memperdebatkan siapa pesepakbola terbaik sepanjang masa. Jumlah penghargaan individu sering digunakan sebagai tolok ukur seorang pesepakbola lebih baik ketimbang yang lain.

Namun, ada banyak penghargaan individu prestisius di dunia sepakbola yang memiliki ukurannya masing-masing untuk menentukan sang pemenang. Berikut lima penghargaan individu paling prestisius di dunia sepakbola, menyadur dari Sportskeeda, Selasa (13/10).

5. FIFA Puskas Award
FIFA Puskas Award sudah diselenggarakan sejak 2009. FIFA Puskas Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pesepakbola dengan gol terindah dalam satu musim tertentu. Penghargaan ini diadakan untuk menghormati penyerang legendaris Hungaria, Ferenc Puskas.

Proses penyeleksian dimulai dari panel FIFA Legends yang memilih tiga gol terbaik dalam satu musim. Setelah itu, ketiga gol tersebut akan dipilih oleh para penggemar melalui laman resmi FIFA (fifa.com). Pesepakbola yang golnya paling banyak dipilih akan meraih trofi FIFA Puskas Award. Sepanjang sejarah, Kapten Barcelona, Lionel Messi, paling banyak memenangkannya dengan koleksi tujuh trofi FIFA Puskas Award.

Baca Juga :   Ronaldinho Kaget Paspor Paraguay Miliknya Palsu

4. Sepatu Emas Eropa
Sepatu Emas Eropa adalah penghargaan yang diberikan kepada top skor di semua liga Benua Biru (divisi teratas). Penghargaan ini digagas oleh majalah L’Equipe pada musim 1967-1968. Sejak musim 1996-1997, European Sports Media mengambil alih pemberian penghargaan dengan menggunakan koofisien yang memberikan bobot lebih kepada liga-liga top Benua Biru.

Pengoleksi Sepatu Emas Eropa terbanyak adalah Messi. La Pulga –julukan Messi– memenangkannya sebanyak enam kali, sedangkan rival abadi Messi, Cristiano Ronaldo, berada di posisi kedua dengan empat penghargaan.

3. Golden Ball
Golden Ball adalah penghargaan yang diberikan kepada pesepakbola terbaik dalam sebuah gelaran Piala Dunia. Pemenang Golden Ball tidak selalu dari tim juara, tetapi pesepakbola yang mengantarkan timnya menjadi runner-up, juga bisa memenangkan penghargaan tersebut.

Pemenangan Golden Ball dalam dua edisi Piala Dunia terakhir adalah Messi (Argentina, 2014) dan Luka Modric (Kroasia, 2018). Penghargaan ini sangat prestisius karena tidak semua pesepakbola hebat bisa memenangkan Golden Ball, bahkan Ronaldo pun belum pernah meraih trofi ini.

Baca Juga :   Barca Berduka, Real Madrid ke Puncak Klasemen La Liga

2. Pemain Terbaik FIFA
Pemain Terbaik FIFA adalah penghargaan prestisius yang diberikan kepada pesepakbola pria. FIFA telah menyelenggarakan penghargaan ini sejak 1991-2009 sebelum meleburnya menjadi satu dengan Ballon dOr selama enam tahun. Setelah kembali berdiri sendiri sejak 2015-2016, FIFA pun menambahkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA untuk pesepakbola wanita.

Sebelum bergabung ke Ballon dOr, Zinedine Zidane (Prancis) dan Ronaldo Luis Nazario de Lima (Brasil) adalah pemenang trofi Pemain Terbaik FIFA terbanyak dengan koleksi tiga penghargaan. Setelah lepas dari Ballon dOr, Ronaldo (Portugal) sudah memenangkannya sebanyak dua kali. Pemenang terakhir penghargaan ini adalah Messi.

1. Ballon dOr
Ballon dOr adalah penghargaan kepada pesepakbola terbaik dunia yang diselenggarakan majalah France Football sejak 1956. Penghargaan ini digagas oleh jurnalis olahraga Gabriel Hanot. Penghargaan tersebut awalnya hanya diberikan kepada pesepakbola terbaik Eropa dalam satu musim, tetapi format berubah pada 1995 ketika pemain dari negara mana pun yang aktif di liga Eropa juga bisa memenangkannya.

Ballon dOr menjadi penghargaan global pada 2007. Pemilih pemenang penghargaan ini awalnya adalah jurnalis sepakbola, tetapi kapten dan pelatih tim diberikan hak suara sejak 2007. Messi sudah enam kali memenangkan penghargaan ini sehingga merupakan pengoleksi trofi Ballon dOr terbanyak. Sementara itu, Ronaldo berada di posisi kedua dengan koleksi lima trofi Ballon dOr. (*/mrh)