3 Bupati di Sumbar Kembali Maju di Pilkada 2020 dari PDI Perjuangan

oleh -51 views

Kabarsianas.com, PADANG – Tiga bupati aktif di Provinsi Sumatera Barat (Sumatera Barat), akan kembali maju sebagai kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2020 melalui Partai PDI Perjuangan. Ketiganya adalah, Bupati  Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati  Dharmasraya Sutan Riska, dan Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan Syamsul Bahri mengatakan, ketiganya merupakan kader terbaik partai. Mereka mereka akan kembali berjuang sebagai kepala daerah di daerah masing-masing.

“Kader terbaik kami akan fokus di daerah karena masyarakat masih membutuhkan mereka,” kata Syamsul di Padang, Senin (9/12/2019).

Syamsul mengatakan, PDI Perjuangan menerima bakal calon kepala daerah pada 25-30 November 2019. Dari pembukaan tersebut, beberapa nama juga telah mendaftarkan maju dalam Pilkada Sumbar 2020.

Mereka yang mendaftar, mulai dari Syafrizal Ucok untuk posisi calon bupati Pesisir Selatan. Kemudian, Darmainzon yang juga maju sebagai calon bupati Pesisir Selatan. Selanjutnya, anggota DPRD Sumbar 2014-2019 Risnaldi dan Syaiful Ardi yang maju sebagai calon wakil bupati Pesisir Selatan.

Baca Juga :   Masyumi Reborn Siapkan Panitia Persiapan Pendirian Partai

Syamsul Bahri mengatakan, DPD PDI Perjuangan Sumbar juga membuka peluang koalisi dengan seluruh partai, termasuk oposisi, untuk mengusung pasangan calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2020. Peluang tersebut terbuka baik untuk Pilgub Sumbar maupun pilkada kabupaten/kotadi daerah itu.

“Berkoalisi dengan PKS atau Gerindra pun kami siap,” kata Syamsul Bahri.

Dia menambahkan, dari Pilgub Sumbar dan pilkada di 13 kota/kabupaten, PDI Perjuangan siap berkoalisi, kecuali di sejumlah daerah karena partai itu tidak memiliki kursi. Daerah tersebut di antaranya Kabupaten Agam, Solok Selatan, dan Kota Bukittinggi. “PDI Perjuangan tidak memiliki kursi di sana,” katanya.

Syamsul juga mengatakan, pihaknya membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di Sumbar selama lima hari, mulai dari 25 sampai dengan 30 November 2019. “Kami buka di tingkat DPD dan DPP. Bagi mereka yang terkendala di DPC, dapat mendaftarkan diri tingkat DPD atau DPP,” kata Syamsul Bahri. (*/inc)