209 Orang Dinyatakan Lulus Test Bintara Polri TA.2020 Polda Banten

oleh -21 views

Kabarsiana.com, SERANG  – Panitia daerah Seleksi Penerimaan Bintara Polri T.A. 2020 Polda Banten akhirnya mengumumkan, sebanyak 209 orang dinyatakan berhasil lulus setelah melewati berbagai macam tes mulai dari pemeriksaan administrasi (Rikmin), pemeriksaan kesehatan (Rikkes), tes psikologi, tes jasmani, dan tes akademik

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar yang didampingi Pejabat Utama Polda Banten Para Katim, Pengawas Internal (Itwasda dan Bidpropam), Pengawas Eksternal dari Pemuda Pancasila Kota Serang, dan Ahli IT dari Unsera mengumumkan hal itu saat memimpin sidang terbuka penentuan kelulusan tingkat panitia daerah dalam penerimaan Bintara Polri T.A. 2020 Panda Banten, di Aula Serbaguna Mapolda Banten, Jum’at (13/11).

“Jumlah Casis Bintara Polri yang mendaftar yaitu sebanyak 286 orang pria 253 dan 33 orang wanita. Mereka terdiri dari Ba PTU 270 orang dengan rincian 239 pria dan 31 wanita, Bakomsus pria 15 orang, dan Ba Rekpro 3 orang pria 1 orang dan wanita 2 orang,” kata Kapolda merinci.

Dari jumlah tersebut, yang berhasil lulus kata perwira tinggi bintang dua ini adalah sebanyak 209 orang. Dari jumlah tersebut, Polki sebanyak 192 orang dan Polwan 17 orang yang terdiri dari Ba PTU 204 orang Polki 189 orang dan Polwan 15 Orang, Bakomsus Polki 2 orang, dan Ba Rekpro 3 orang Polki 1 orang dan Polwan 2 orang.

Baca Juga :   52 Rumah Sakit Polri Siap Tangani Pasien Covid-19

“Proses seleksi dapat berjalan baik hal ini dapat terwujud, bukan hanya karena adanya perbaikan kultur dan sistem seleksi yang terus dilakukan oleh polri, namun juga sangat ditentukan oleh tingginya integritas dan komitmen dari seluruh pihak, baik panitia seleksi, unsur pengawas, orang tua wali, maupun dari para peserta itu sendiri,untuk benar-benar taat kepada prinsip BETAH, yakni bersih, transparan, akuntabel dan humanis. tegaknya komitmen dan moralitas dari seluruh pihak, untuk mewujudkan penerimaan anggota polri yang clear and clean, “kata Fiandar menjelaskan.

Fiandar mengatakan, para peserta seleksi telah mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada seleksi kali ini dan telah kita ikuti bersama sidang terbuka Kelulusan Penerimaan Bintara Polri T.A. 2020 Panda Banten

Kapolda berpesan kepada para Bintara Polri T.A. 2020 Panda Banten yang dinyatakan lulus selamat dan  hendaknya dijadikan momentum untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk masa pendidikan.

“Saya ingin mengingatkan untuk tetap menjaga fisik dan mental serta tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat kondisi Indonesia yang sedang beradaptasi dengan kebiasaan baru pada masa Pandemi Covid-19,” pesannya.

Baca Juga :   Jam Masuk Kerja Jabodetabek Dibagi, Pukul 7 dan 10 Pagi

Bagi yang tidak lulus diminta jangan berputus asa. Jadikan seleksi yang telah ditempuh sebagai media untuk memperkaya pengalaman. Sehingga lebih siap untuk kembali mengikuti seleksi pada masa yang akan datang.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, proses rekruitment Bintara Polri T.A. 2020 Panda Banten menerapkan prinsip BETAH atau Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis.

“Proses Seleksi ini bersih transparan akuntabel dan juga humanis. Artinya, semua mekanisme sudah melalui jalur objektif berdasarkan pada hasil tes,” jelas Edy Sumardi.

Salah seorang siswa yang lulus dan diterima di Bintara Polri tahun 2020 dengan peringkat terbaik, Paulina Aprilia Br Siallagan lulusan SMA 11 Sepatan Kabupaten Tangerang ketika ditemui mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya.

“Puji Tuhan, saya bisa lulus menjadi casis Bintara Polri. Semua ini berkat dukungan dan doa kedua orang tua saya. Mereka yang selalu mendukung kemauan saya. Pokoknya saya bangga mempunyai orang tua seperti mereka. Terimakasih mah, terimakasih pak,” ucap Paulina dengan airmata bahagia sambil memeluk kedua orangtuanya. (*/rel/ted)