Lockdown di Peru Jadi yang Terlama di Dunia

oleh -11 views

Kabarsiana.com, LIMA – Peru kembali mengumumkan perpanjangan keadaan darurat dan lockdown nasional dalam memerangi virus corona, kali ini hingga akhir Juni. Perpanjangan ini menandai fase lockdown terpanjang di dunia.

Dikutip dari Reuters, Peru memulai lockdown pada pertengahan Maret. Bila diakhiri pada 30 Juni, maka warga di negara tersebut hidup dalam kondisi penguncian yang ketat selama tiga setengah bulan.

Masa ini melampaui batas lockdown sejumlah negara yang terkena dampak parah corona seperti China, Italia, hingga Spanyol.

Perpanjangan itu diumumkan oleh Presiden Martin Vizcarra pada Jumat (22/5). Langkah ini diambil melihat statistik penularan virus tersebut di mana sudah ada 111.698 kasus positif corona dengan angka kematian 3.244 jiwa. Angka ini terbesar kedua di Amerika Latin.

Vizcarra mengatakan, perpanjangan lockdown dilakukan setelah sebelumnya berakhir pada 24 Mei. Namun di akhir perpanjangan ini, ia tengah mempertimbangkan membuka kembali kegiatan perekonomian.

“Kita harus beralih ke koeksistensi baru, yang menjadikan kita sebagai masyarakat menjadi lebih peduli, lebih bertanggung jawab, disiplin, menghormati standar berperilaku minimal agar tidak membahayakan orang yang paling kita cintai,” kata Vizcarra. (*/kpr)

Baca Juga :   Satu dari Enam Anak-anak Spanyol Alami Depresi