Dingin dan Bebas Banjir, Ini 5 Kota Tertinggi di Dunia

oleh -6 views

DI DUNIA ini ternyata ada beberapa kota atau desa yang letaknya sangat tinggi, bisa berkilo-kilometer di atas permukaan laut. Tentu tidak semua orang bisa tinggal dan hidup nyaman di kota-kota tersebut.

Dibutuhkan kekuatan fisik dan kebiasaan turun temurun untuk dapat kuat menjadi penghuni kota-kota ini. Nah, kira-kira kota atau desa mana saja ya yang memiliki letak paling tinggi di dunia? Disimak, ya!

1. Damxung Tibet, Tiongkok
Damxung merupakan daerah terpencil bagian dari kota Lhasa di Tibet. Sebenarnya Damxung lebih cocok disebut kawasan pedesaan ketimbang kawasan kota. Namun karena banyak wisatawan asing yang datang ke daerah ini, Damxung menjadi salah satu kawasan yang cukup ramai di Tibet.

Dengan ketinggian sekitar 4700 meter di atas permukaan laut, Damxung memiliki suhu yang sangat dingin. Tak heran jika semua warga lokal Damxung selalu mengenakan pakaian tebal dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dibandingkan dengan warga Tibet yang tinggal di daerah rendah.

Selain menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah, Damxung juga kerap didatangi oleh turis yang suka dengan wisata pegunungan. Dengan beberapa atraksi yang diadakan secara tahunan, Damxung tidak pernah sepi dari kunjungan turis.

Baca Juga :   Resensi Buku: Perjuangan Eliana, Si Anak Pemberani

2. Karzok, India
Karzok atau Korzok merupakan daerah kota kecil atau desa di India yang letaknya sangat tinggi, yakni 4570 meter di atas permukaan laut, seperti ditulis dalam Dangerousroads.org.

Karzok juga dinobatkan sebagai salah satu kota tertinggi di bumi yang masih bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda empat. Dengan cuaca yang sangat dingin, tentu membuat tidak semua orang betah tinggal di kota terpencil ini.

Jika kamu menyukai wisata yang cukup ekstrem, mungkin kamu bisa mengunjungi Karzok. Dengan posisi yang cukup curam dan tipisnya kadar oksigen, membuat jantungmu akan berdetak kencang. Namun perjuanganmu akan terbayarkan dengan keindahan alam pegunungan yang luar biasa.

3. Wenquan, Tiongkok
Wenquan merupakan kawasan penduduk yang juga memiliki letak yang sangat tinggi, yakni lebih dari 5000 meter di atas permukaan laut, seperti ditulis dalam Rtmagazine.com.

Dengan tingginya kawasan tersebut, tentu kadar oksigen sangat tipis dan gak semua orang sanggup untuk tinggal di Wenquan. Beberapa jasa penyedia tur wisata ke daerah ini juga memberikan syarat cukup ketat kepada peserta tur, salah satunya wajib memiliki laporan kesehatan jantung dari dokter spesialis.

Baca Juga :   Jambi Kembangkan Perpustakan Digital

Nah, kalau kamu ingin mengunjungi tempat-tempat tinggi di dunia, sebaiknya kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Karena rendahnya kadar oksigen di ketinggian dapat mempengaruhi kinerja jantung kamu.

4. Tuiwa Tibet, Tiongkok
Tuiwa merupakan kawasan pedesaan atau kota kecil paling tinggi di Tiongkok. Kawasan ini memiliki tinggi sekitar 5070 meter di atas permukaan laut, dan tentunya memiliki suhu udara yang sangat dingin.

Melansir Exploretibet.com, mayoritas warga Tuiwa memiliki gaya hidup yang sangat sederhana, tidak ada toko-toko modern di sana. Penerangan dan fasilitas umum juga dibuat sangat sederhana dan masih terlihat tradisional.

Pendapatan utama warga desa adalah dari hasil ternak, yakni wol yang diambil dari domba-domba peliharaan mereka. Mereka telah melakukan kegiatan sederhana ini secara turun temurun dan ribuan tahun lamanya, namun meskipun demikian mereka sangat menikmati hidup mereka.

5. La Rinconada, Peru
La Rinconada di Peru dinobatkan sebagai daerah kota kecil atau desa paling tinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 5100 meter di atas permukaan laut. Ada sekitar 50 ribu orang yang tinggal di kota terpencil ini.

Baca Juga :   GAMA Expo Hadirkan Gubernur Jateng Sebagai Pembicara

Dengan penghasilan utama dari tambang emas di sekitar kawasan desa, membuat banyak orang dari seluruh penjuru Peru datang ke tempat ini untuk mencari peruntungan di pertambangan emas.

Dengan adanya tambang emas tersebut, populasi di kawasan ini terus meroket hingga lebih dari 100 persen dalam satu dekade terakhir. Ini membuktikan bahwa kota tertinggi di dunia juga masih menjadi minat utama banyak orang untuk dijadikan tempat tinggal dan sumber pekerjaan mereka.

Itulah lima kawasan padat penduduk yang memiliki letak paling tinggi di dunia. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu, ya! (***/idn)