10 Kota Terkecil di Dunia

oleh -5 views

BANYAK orang yang mendambakan tinggal di kota besar supaya bisa mengenal lebih banyak orang. Lalu bagaimana dengan kota kecil? Kota kecil sepertinya jauh lebih cocok bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan keramaian. Lagi pula, kota kecil membuat kita bisa mempererat komunikasi karena tempat tinggal yang ditempati saling berdekatan. Karena memiliki luas yang sangat kecil, kesepuluh kota di bawah ini menjadi 10 kota terkecil yang ada di dunia.

Ukuran luas kota ini memakai skala mile nah kalai 1 mile sama dengan 1.609,34 m. Tentu bisa dibayangkan berapa ukuran kota-kota mini ini.

10. Barbados, 213 Mile2
Mungkin kalian yang biasa hidup di tengah kota yang penuh keramaian ingin mencari kota baru yang sepi dari kebisingan, Barbados adalah kota yang bisa kalian coba. Barbados adalah kota urutan terakhir dalam daftar kota terkecil di dunia. Dijamin kamu akan betah tinggal di sana, bukan hanya jauh dari polusi serta kebisingan, di Barbados kalian bisa melihat indahnya pemandangan Laut Caribbean.

Barbados adalah sebuah kota kecil yang berlokasi di Kepulauan Caribbean. Tahukah kalian bahwa kota kecil ini hanya memiliki luas sekitar 213 mil persegi? Populasinya saja hanya sekitar 300.000 penduduk. Kota Barbados ini terletak di Kepulauan Caribbean sebelah Timur Antiles. Kota ini sudah sejak lama menjadi destinasi favorit para turis.

9. Antigua, 200 Mile2
Satu level di atas Barbados adalah kota Antigua. Antigua atau yang sering disebu juga dengan Waladli atau Wadadli adalah sebuah pulau yang terletak di Hindia Barat. Antigua adalah salah satu dari Kepulauan Leeward yang ada di wilayah Caribbean. Antigua menjadi kota independen setelah mendapatkan kemerdekaan dari Inggris di tahun 1981.

Luas Antigua hanya sekitar 200 mil persegi. Bukan hanya luasnya yang lebih kecil dari Barbados, populasi di kota tersebut juga jauh lebih sedikit yakni sekitar 250.000 penduduk. Antigua sangat cocok dijadikan destinasi wisata jika kalian ingin berkunjung kesana. Di sana, kalian bisa melihat pemandangan berupa bukit dan gunung kecil. Pantai yang mereka miliki juga sangat indah dan ramai.

Baca Juga :   Kemenkominfo Targetkan 60 Ribu Talenta Digital pada 2020

8. Andorra, 180 Mile2
Andorra memiliki luas yang hanya 180 mil persegi. Kota kecil ini merupakan kota independen yang terletak di antara Perancis dan Spanyol du Pegunungan Pyrenees. Andorra ini sudah dikenal banyak orang sebagai surganya ski. Hebat bukan? Kota kecil tapi memiliki ski resort yang sangat terkenal. Bukan hanya itu, kalian para wisatawan bisa bebas berbelanja tanpa harus takut dengan pajak.

Dengan luas yang begitu kecil, jumlah penduduk di kota ini juga terbilang sangat sedikit yakni sekitar 20.000 penduduk. Penduduk di kota Andorra bekerja di organisasi pemerintah dan semi pemerintah untuk Perancis. Bekerja dengan organisasi milik pemerintah dan semi pemerintah tersebut membuat penduduk kota Andorra hidup cukup enak.

7. Vatican, 150 Mile2
Kalian tahu? Kota Vatican adalah kota penuh seni dan arsitektur yang ada di Roma, Itali. Kota ini menjadi markas besar dari Gereja Katolik Roma. Kota ini sekaligus menjadi tempat tinggal tokoh besar di agama Katolik yakni Paus Franciskus. Kota yang sangat terkenal bagi orang Katolik ini ternyata tidak memiliki luas yang begitu besar.

Tercatat, kota Vatican hanya memiliki luas sekitar 150 mil persegi. Membuatnya menjadi kota terkecil di dunia urutan 7.Dikelilingi dengan pegunungan dan dataran hijau, Vatican dipadati sebanyak 150.000 penduduk. Jika dibandingkan dengan luas kota, Vatican bisa dibilang cukup padat. Namun, mereka mendesain rumah tempat tinggal sedemikian rupa sehingga tidak terlihat padat.

6. Maldives, 140 Mile2
Di Asia Tenggara, ada satu tempat yang menjadi destinasi turis. Banyak orang yang bermimpi untuk bisa kesana suatu saat nanti. Tempat yang dimaksud adalah Maldives. Maldives adalah negara kepulauan tropis yang terletak di Samudra Hindia. Terkenal akan surganya batu koral. Terdapat sebanyak 1.000 batu koral disana.

Baca Juga :   Dingin dan Bebas Banjir, Ini 5 Kota Tertinggi di Dunia

Maldives menjadi destinasi favorit karena ia memiliki sejumlah pantai, laguna biru, dan batuan karang yang langka. Dengan ibukota Male, Maldives memiliki pasar ikan, restoran, dan tempat cindera mata yang terletak di jalan utama, Majeedhee Magu. Maldives masuk ke dalam daftar kota terkecil di dunia dengan luasnya yang hanya 140 mil persegi.

5. Malta, 130 Mile2
Dengan luas yang hanya mencapai 130 mil persegi, Malta masuk ke dalam daftar kota terkecil di dunia. Populasinya sendiri hanya sebanyak 50.000 penduduk. Kota ini mendapatkan kemerdekaan militer Inggris di tahun 1979. Jangan mengira karena luasnya yang kecil, kota ini tidak menarik sama sekali. Justru dibalik luasnya yang kecil, Malta memiliki pemandangan yang sangat indah.

Malta adalah sebuah kepulauan yang ada di Mediterania, di antara Sicily dan Pantai Utara Afrika. Kota kecil ini dipenuhi dengan beberapa situs bersejarah dari jaman Romawi, Moors, Ksatria Saint John, Perancis, dan Inggris. Di Malta, kalian bisa menemukan banyak sekali benteng dan kuil besar.

4. Monaco, 120 Mile2
Meski termasuk dalam salah satu kota kecil di dunia, penduduk kota Monaco adalah penduduk yang independen. Mereka tidak bergantung pada negara lain untuk bisa hidup. Namun, agar segala sesuatu di Monaco berjalan dengan lancar, Monaco masuk ke dalam pemerintah Yunani. Semua yang ada di Monaco berada di bawah pengawasan pemerintah, bahkan jarang ada kriminal di sana.

Luas Monaco hanya sekitar 120 mil persegi saja dan jumlah penduduknya hanya sekitar 35.000 orang. Kota kecil yang selalu dalam pengawasan pemerintah kota Yunani ini dikenal sebagai kota yang sangat aman. Luasnya yang kecil membuat penduduknya memiliki ikatan yang erat. Ikatan erat itulah yang membuat segalanya jadi mudah di Monaco.

3. Nauru, 100 Mile2
Apa pernah terlintas di kepala kalian, suatu saat nanti ingin pergi ke suatu tempat yang indah sekaligus mempelajari budaya yang ada di tempat tersebut? Nauru adalah jawaban atas keinginan kalian tersebut. Nauru adalah sebuah pulah kecil yang ada di Miconesia, Timur Laut Australia. Nauru memiliki batu karang dan pasir putih yang indah.

Baca Juga :   Ibu Kota Negara Ini Letaknya di Bawah Permukaan Laut

Nauru merupakan kota terkecil di dunia urutan 3 dengan luasnya yang mencapai 100 mil persegi. Di tahun 1968, Nauru meraih kemerdekaan. Di titik tertinggi Nauru, kalian bisa menemukan pos tentara Jepang peninggalan dari Perang Dunia II. Nauru mendapatkan julukan Pleasant(nyaman) karena keindahan pemandangan yang ia miliki.

2. Tuvalu, 50 Mile2
Hanya dipenuhi dengan 30.000 penduduk, kalian bisa merasakan nikmatnya tinggal di kota yang kecil dan jarang penduduk. Dengan luasnya yang hanya 50 mil persegi, penduduk di kota Tuvalu saling bekerja sama untuk membuat kota mereka tinggal menjadi kota yang nyaman. Hampir seluruh penduduk di Tuvalu bergantung dengan memancing.

Tuvalu, terletak di Pasifik Selatan, merupakan pulau indepenen yang termasuk dalam British Commonwealth. Memiliki 9 pulau kecil yang dikelilingi oleh batu karang. Kalian bisa menemukan beberapa jejak peninggalan dari Perang Dunia II di Tuvalu. Oh iya, Tuvalu juga terkenal sebagai salah satu tempat yang cocok untuk diving dan snorkelling.

1. San Marino, 25 Mile2
Tiba di urutan teratas dalam daftar kota terkecil di dunia. Posisi ini diisi oleh San Marino. Kota ini hanya memiliki luas sebesar 25 mil persegi. Penduduknya sendiri hanya berkisar 25.000 orang. Kota yang sangat kecil, tapi kota ini memiliki pemandangan yang tidak ada duanya. San Marino terletak di Itali bagian tengah.

Ketika kalian diberikan kesempatan untuk mengunjungi kota ini, pastikan kalian mengabadikan pemandangan di kota ini. Di San Marino, kalian bisa melihat sejumlah air terjun dan taman yang indah. San Marino juga dikenal sebagai tempat yang kaya akan bangunan dengan arsitektur kuno. Jika kalian mencari kota sepi untuk dijadikan tempat tinggal, San Marino adalah pilihan yang tepat.(***/tpc)