Penelitian: AC Bisa Sebarkan Virus Corona

oleh -2 views

SEBUAH penelitian di China menunjukkan bahwa air conditioner (AC) kemungkinan membantu penyebaran virus corona baru, Covid-19. Kesimpulan itu diambil setelah meneliti sepuluh kasus Covid-19 dari tiga keluarga yang bersamaan makan malam di sebuah restoran di Guangzhou pada waktu bersamaan.

Menurut The Straits Times, penelitian itu diterbitkan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) dan telah disetujui oleh Komite Etik CDC Guangzhou. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa droplet atau tetesan cairan orang yang terinfeksi virus corona kemungkinan telah menyebar melalui aliran udara AC ke meja tiga keluarga yang makan malam pada waktu bersamaan.

Pasien yang diteliti itu tiba dari Wuhan pada akhir Januari dan makan malam bersama tiga anggota keluarganya. Ada dua keluarga lain di restoran itu, meja mereka berdekatan, kurang dari satu meter.

Pada hari berikutnya, pasien yang diteliti itu mengalami demam dan batuk. Setelah menjalani tes di rumah sakit, ternyata dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan pada awal Februari, sembilan orang lainnya, yang berasal dari tiga keluarga –yang makan malam di restoran itu dalam waktu yang sama– jatuh sakit karena virus corona.

Baca Juga :   Daftar 10 Danau Terbesar di Dunia

Satu-satunya sumber penularan kepada sembilan orang yang diketahui adalah pasien yang merupakan salah satu anggota dari ketiga keluarga yang makan malam dalam waktu bersamaan tersebut. Sehingga penelitian itu menyimpulkan bahwa virus corona ditularkan oleh satu orang tersebut. (*/drm)