Serdadu Tridatu Kunci Gelar Liga 1 2019

oleh -11 views

Kabarsiana.com, PADANG — Tuntas sudah penantian pasukan Serdadu Tridatu Bali United dalam pentas Liga Indonesia 1 2019. Tim dari Pulau DEwata ini berhasil menumbangkan tim tuan rumah Semen Padang yang sedang limbung dengan skor 2-0 di Stadion Haji Agus Salim, Senin (2/12).

Dua gol kemenangan Serdadu Tridatu dicetak Ilija Spasojevic di babak kedua. Gol pertama Spasojevic tercipta di menit ke-51 memanfaatkan umpan lambung dari Yabesroni.

Umpan silang Yabesroni dituntaskan lewat sundulan keras Spasojevic yang tak mampu diselamatkan kiper Oscario.

Spasojevic kembali jadi mimpi buruk Kabau Sirah lima menit sebelum waktu normal berakhir. Sang striker kali ini sukses menceploskan bola ke gawang Oscario setelah meneruskan umpan tarik dari Sergio.

Raihan tiga poin sudah cukup untuk mengantar Bali United juara Liga 1 2019 dengan koleksi 63 poin. Dengan demikian, perolehan poin Bali United tidak terkejar oleh rival terdekatnya Borneo FC yang mengemas 46 angka.

Sebelumnya, Borneo hanya mampu bermain imbang 2-2 saat melawat ke markas PSM Makassar. Hasil imbang di Makassar memberikan jalan bagi Bali United untuk mengunci gelar juara kompetisi teratas di Indonesia.

Baca Juga :   Program Padat Karya Dibuka, Ini Harapan Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam

Ini menjadi gelar kedua bagi pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra setelah musim lalu sukses mengantar Persija Jakarta juara Liga 1 2018.

Susunan pemain Semen Padang vs Bali United

Semen Padang XI: Oscario, Gusmawan, Rifqi, Anwar, Hartono, Flavio, Yoku, Guntara, Irsyad, Mariando, Vanderley.

Bali United XI: Hendrawan, Dias, Gunawan, Fajrin, Pacheco, Nouri, Fadil, Sergio, Spasojevic, Lilipaly, Yabesroni.

Teco Cetak Sejarah

Stefano ‘Teco’ Cugurra mencetak sejarah sebagai pelatih asing pertama yang sukses meraih gelar juara Liga 1 di dua klub berbeda selama dua musim beruntun.

Rekor manis tersebut diukir Teco usai Bali United juara Liga 1 2019. Semusim sebelumnya, pelatih asal Brasil itu mampu mengantar Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018.

Juru taktik berusia 45 tahun itu berhasil membawa Bali United juara usai mengalahkan Semen Padang 2-0 pada pekan ke-30 Liga 1 2019 di Stadion Haji Agus Salim, Senin (2/12) sore.

Serdadu Tridatu yang sudah mengemas 63 poin tidak lagi bisa dikejar rival terdekatnya, Borneo FC yang saat ini mengemas 46 angka.

Baca Juga :   Festival Minangkabau Promosikan Budaya dan Wisata Sumbar

Teco sebenarnya bukan wajah asing di sepak bola Indonesia. Ia pernah menjadi bagian tim Persebaya Surabaya sebagai pelatih fisik pada 2004.

Di tahun tersebut, Teco ikut merasakan euforia juara bersama Persebaya di Liga Indonesia 2004 yang kala itu ditangani Jacksen F Tiago.

Di Surabaya pula Teco mendapat pasangan hidup. Ia bertemu dengan kekasih yang kini menjadi istrinya, Miranda Erlinda, saat menjadi staf pelatih di Persebaya.

Pemilik nama lengkap Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues kemudian mencari peruntungan di Liga Malaysia. Kuala Muda Naza jadi klub pertama yang dipimpin dengan jabatan pelatih kepala pada 2008.

Setelah dua tahun di Malaysia, Teco memutuskan berpetualang ke Liga Thailand. Ia tercatat pernah memimpin Chiangrai United, Phuket, Osotspa Samut Prakan, dan Royal Thai Navy sebelum kembali ke Indonesia dan gabung Persija.

Perjalanan karier Teco di Persija tak langsung moncer. Ia sempat didesak mundur oleh suporter Persija pada musim 2017. Namun, ia menjawab kritik suporter dengan mengawinkan gelar Piala Presiden dan Liga 1 2018.

Baca Juga :   Polda Kepri Berikan Bantuan dan Bhakti Kesehatan Terhadap Korban Puting Beliung di Pulau Pecong

Seusai sukses bersama Macan Kemayoran, Teco memilih tantangan baru bersama Bali United. Tangan dingin pria kelahiran Rio de Janeiro itu pun berlanjut di Pulau Dewata. (*/cnn)