14 Dokter Patalogi Anatomi Transfer Ilmu ke Masyarakat Siak

oleh -64 views

Kabarsiana. SIAK  – Ilmu kedokteran yang dikenal mahal dengan mudah diperoleh masyarakat Kabupaten Siak pada peringatan hari kesehatan nasional yang dibuat oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Siak di lapangan Siak Bermadah. Sebanyak 14 dokter spesialis Patalogi Anatomi se Riau yang datang untuk mentransfer ilmunya kepada masyarakat.

Ketua IDI Kabupaten Siak, Dr. Hendry Adi M.Ked(OG), SpOG mengatakan masyarakat penting memeriksakan diri ke dokter spesialis Patologi Anatomik pada waktu tertentu. Dalam kesempatan ini, para dokter spesialis yang menjadi narasumber akan memberikan penjelasan dengan detail kepada masyarakat dan masyarakat juga diberikan kesempatan bertanya.

Selain itu juga, kata Hendry, Dokter Spesialis Patologi Anatomik akan mendapatkan tambahan pengalaman secara nyata dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat Kabupaten Siak. Serta mengetahui kendala dan kondisi sebenarnya dari masyarakat Kabupaten Siak sehingga diharapkan dapat memberikan umpan balik kepada masyarakat sekitarnya.

“Dalam acara ini narasumber juga akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai organ kewanitaan. Selain itu dapat meningkatkan pengetahuan petugas medis di kabupaten Siak, mengenai kapan pasien harus dirujuk ke Dokter Spesialis Patologi Anatomi,” kata Hendry.

Baca Juga :   Silaturahim ala Emak-emak RT 002/004 Kelurahan Boponter

Kegiatan International Pathology Day tahun 2019 ini, kata Hendry, diperingati dengan melakukan Kegiatan Bakti Sosial dan pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi masyarakat Kabupaten Siak. Pemeriksaan Kesehatan Gratis akan dilakukan oleh Dokter Spesialis Patologi Anatomik bekerja sama dengan IDI Cabang Siak.

“Alhamdulillah acara bertaraf Organisasi Profesi seperti IDI di tingkat Provinsi, Kota Siak Sri Indrapura sudah 2 kali ditunjuk sebagai tuan rumah Dalam kurun waktu 2 minggu. Sebelumnya, kota Siak juga ditunjuk sebagai tuan rumah Seminar Perinasia Riau-2 yang diadakan oleh Yayasan Perinasia Riau tanggal 17 November kemarin,” ujar Hendry.

Acara yang menghadirikan 14 narasumber diantaranya Dr. Zulkifli Malik, SpPA, Dr. Sukma WM, SpPA, Dr. Mardhiah Ghaffar, SpPA, Dr. Yayan Andrianto, SpPA, Dr. Novita Dewi, SpPA, Dr. Ilhami Romus, SpPA, Dr. Ina F Rangkuti, SpPA, Dr. Agusry Yacob, SpPA, Dr. Veenda Herlyna, SpPA, Dr. Linna Chandra, SpPA, Dr. Gandhi Haryono, SpPA, Dr. Harfira Mudahar, SpPA, Dr. Devi, SpPA dan Dr. Tuty, SpPA ini dibuka langsung oleh Ketua Ikatan Patologi Anatomi Indonesia (IAPI) Wilayah Riau Dr. Wiwiet Ade AF, M.BioMed, SpPA.

Baca Juga :   PERSONAL BRANDING, PENTINGKAH?

Ketua Panitia Kegiatan Bakti Sosial dan Seminar Awam International Phatology Day 2019, Dr. Roza Rita, SpPA mengatakan kegiatan dimulai dengan senam pagi, penyuluhan kesehatan organ kewanitaan dan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis yang meliputi cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat, kepada masyarakat Kabupaten Siak.

Acara seminar digandengkan dengan bakti sosial untuk mewujudkan rasa kemanusiaan, membantu sesama dengan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat serta diharapkan dapat membentuk kepedulian serta jiwa sosial.

“International Pathology Day merupakan kegiatan rutin tahunan oleh Seluruh Dokter Spesialis Patologi Antomi yang diperingati setiap tanggal 11 November untuk memperkenalkan kepada kalangan masyarakat bagaimana fungsi dan peran Dokter Spesialis Patologi Anatomik,” kata dr Roza.

Diharapkan masyarakat umum Kabupaten Siak mendapatkan informasi tentang pentingnya deteksi dini kelainan-kelainan pada organ kewanitaan.

“Acara ini diharapkan menambah pengetahuan, dapat dipergunakan dengan sebaiknya, dan bagi petugas medis selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan sepenuh hati untuk masyarakat; bekerja secara profesional dan taat pada peraturan yg berlaku di negeri kita,” imbuhnya lagi.

Baca Juga :   Memaknai Peringatan Hari Ibu: Pentingnya Peran Ibu Cegah Stunting

Ungkapan terimakasih juga disampaikan kepada IDI Cabang Siak serta pihak lainnya yang sudah memberikan support dan dukungan penuh. Seperti IDI Wilayah Riau, PDUI Riau (Perhimpunan Dokter Umum Indonesia), POI Riau (Perhimpunan Onkologi Indonesia), Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Klinik Indonesia Cabang Riau.

“Terimakasih juga kepada Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Siak, Laboratorium Patologi Anatomi Puan Maulana Pekanbaru, Laboratorium Patologi Anatomi Amanah Pekanbaru, RS. Awal Bross Sudirman Pekanbaru, SMF Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Riau, IDI Cabang Pekanbaru, IDI Cabang Bengkalis, IDI Cabang Kampar, IDI Cabang INHIL, IDI Cabang Mempawah Kalimantan Tengah, IDI Cabang Sibolga Sumatera Utara, BRI Cabang Siak, Bank Syariah Mandiri Cabang Siak, Leica Mycrosystems Riau, Biozatix Riau,” tuturnya. ***